Rangkuman Bab 9 Informatika

 Assalamualaikum Wr Wb, pada blog kali ini penulis akan merangkum materi yang tertera di dalam Bab 9 Informatika yang berjudul "Praktik Lintas Bidang" atau PLB. 

Di bab ini kita akan membahas tentang artefak komputasional, makey-Makey, Media interaktif lempeng bumi, dan mesin hitung uang koin.

Artefak Komputasional

Artefak Komputasional adalah objek yang diciptakan sebagai hasil berpikir komputasional. Objek ini dapat berupa: Kode program, aplikasi, situs web, foto/gambar, audio, video, presentasi, dll. Artefak komputasional dikembangkan melalui proses kreatif menggunakan perkakas dan teknik komputasi untuk menyelesaikan masalah tertentu. Pengembangan Artefak Komputasional menggunakan proses interatifyang mereflesikan ide dan kreativitas penciptanya untuk membuat sesuatu menjadi lebih efektif, efisien, indah, menarik, dll.

Makey Makey

Kit makey-makey adalah kit penemuan yang dirancang untuk menghubungkan benda sehari-hari ke kode yang telah dibuat dikomputer. Pada kit makey-makey terdapat papan sirkuit, klip buaya, dan kabel USB. Sebagai contoh, ketika akan membuat mainan dari kit makey-makey, kita dapat menggunakan aplikasi Scratch dan menempelkan klik buaya ke benda yang akan kita gunakan sebagai keyboard, gamepad, mouse, atau remot, dengan demikian hal tersebut memungkinkan makey-makey untuk bekerja dengan program komputer atau halaman web apa pun yang menerima klik keyboard atau mouse.

Media Interaktif Lempeng Bumi

Aktivitas media interaktif lempeng bumi digunakan untuk menjelaskan lempeng-lempeng bumi, Media interaktif akan berupa peta dunia yang akan dicetak dan diberikan lapisan plastisin sepanjang lempeng yang ketika disentuh akan memberikan informasi tentang lempeng tersebut dalam bentuk narasi teks dengan suara.

Mesin Hitung Uang Koin

Aktivitas mesin hitung uang koin dilakukan untuk mengembangkan artefak komputasional berupa mesin hitung uang koin yang dibuat dengan bahan kardus, rangkaian elektronis yang terhubung dengan makey makey dan komputer, dan mengembangkan programnya dengan bahasa scratch.


Sekian yang dapat saya sampaikan, terimakasih telah membacaa.



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Digital Labs

Algoritma dan Pemrograman