Algoritma dan Pemrograman

Pemrogramman adalah proses mengembangkan program, perangkat lunak komputer, aplikasi, dan situs web

Bagaimana belajar pemrograman ?
Pertama tama, kalian akan dikenalkan dengan leingkungan pemrograman yang akan dipakai. Pengenalan lingkungan pemrograman itu bisa langsung dari internet secara online, dengan komputer atau gawai yang sudah disiapkan, atau tanpa komputer, dengan komputer atau gawai yang sudah disiapkan, atau tanpa komputer.

Scratch
Scratch dibuat oleh MIT Media Lab, sebuah tim dari Massachusetts Institute of Technology. Dengan scratch, kalian dapat mengembangkan sebuah program sederhana berisi cerita, games, maupun animasi interaktif sesuai kehidupan sehari-hari.



Mengenal universe scratch
Di Scratch, pilih menu create di menu atas Home, lalu akan muncul tampilan seperti berikut.
1. Menu A
2. Menu B
3. Menu C
4. Menu D
5. Menu E
6. Menu F
7. Menu G
8. Menu H
Eksplorasi Fungsi Dasar

Pada Aktivitas ini, kalian akan belajar tentang kode control. Kalian dapat mengatur berapa banyak kode berulang dan kondisi dari sprite.

Robot Manual
Buatlah empat buah kartu berbentuk lingkaran, empat kartu ini akan menjadi sprite.

Kita akan memanfaatkan sticky notes kecil untuk menjadi blok program pada sprite yang ada. Setiap warna sticky notes akan menggambarkan fungsi dan fitur yang berbeda, setiap fitur harus ditulis pada sticky notes dan nantinya akan ditempelkan pada setiap sprite.

Sediakan juga kertas kosong dan diberi keterangan untuk sprite 1 sampai 6.
Sticky notes ditempelkan pada kertas untuk setiap sprite tersebut dan sprite tadi akan berubah/menyesuaikan dari fitur yang ada.

Setiap sprite harus dimulai dengan fitur yang memiliki jenis kondisi awal lebih dahulu, baru diikuti fitur jenis aksi atau fitur jenis Kontrol. Fitur jenis kondisi awal hanya dapat digunakan untuk melengkapi kondisi pada fitur jenis kontrol.


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkuman Bab 9 Informatika

Digital Labs