Digital Labs

 Hari ini para siswa kelas 8 SMP Labschool Jakarta melakukan kegiatan Digital Labs, dimana mereka akan dibimbing untuk membuat animasi. Pada pembukaannya kita disambut oleh Prof. Sofyan Hanif dan bpk. guru lainnya. Pada pembukaan acara kelas 7 dan 8 di gabung dalam satu ruangan yaitu ruang Auditorium dan letak duduknya beserta kelas ny.


Setelah itu kelas 7 dan 8 dipisahkan ke ruangan yang berbeda, yang kelas 8 tetap di auditorium, dan yang kelas 7 ke Teater Kecil TK, setelah itu acara dimulai, duduknya pun dipisah menjadi kelompok yang terdiri dari 5 orang, setelah itu materi mulai diterangkan oleh narasumber kita yang berasal dari Hellomotion Academy Bapak Wahyu Aditya, setelah perkenalan dan penunjukan salah satu animasi Pak Wahyu Aditya yang berjudul "Tahi sapi atau bukan?" yang dibuat pada tahun 2006 dan sempat di tampilkan di pameran animasi di Jepang, kita memasuki materi dan perkenalan kepada Hellomotion Academy/Highschool, setelah itu kami di terangkan tentang prinsip-prinsip membuat animasi, setelah itu kami disuruh membuat animasi 2d dengan benda-benda yang disediakan yaitu spidol, sticky notes, dan kertas.


Kami hanya diberi waktu 30 menit untuk menyelesaikan animasinya, dalam 30 menit itu kita disuruh membuat story board, gambar, dan editannya, dan juga mencari lagu untuk digunakan di dalam videonya, saya sudah memikirkan alur ceritanya dari saat disuruh membuat animasi, jadi saat waktu dimulai saya sudah langsung membuat storyboardnya, setelah membuat storyboard nya, kita membuat frame-framenya di sticky notes yang disediakan oleh para guru, saat awalnya saya manggunakan pensil untuk menggambarnya dan setelah itu gambarnya ditebalkan dengan spidol. Setelah itu kami memfoto setiap sticky notes yang sudah kami gambar, dan setelah itu kami memilih musik yang ingin kami taruh di video kami, setelah itu kami edit menggunakan aplikasi VN Editor untuk meng edit video kami dan mengcampur audio musik yang kami ingin taruh di video kami, dan juga untuk meng animasi foto foto yang kami ambil, 

Setelah beberapa percobaan kami akhirnya berhasil mendapat video yang kami mau, dan pun saya menugaskan salah satu teman saya untuk mem posting video tersebut di Instagram nya dia, tetapi hp nya dia sedang mati total, tapi dia berjanji akan nge post video tersebut saat sudah di rumah, saat pulang sekolah saya mengingatkan dia kembali untuk memposting video tersebut saat hp nya sudah bisa digunakan, saat itu saya tidak langsung pulang karena ada eskull english club, setelah satu jam di english club saya akhirnya pulang ke rumah pada jam 16.30, saat dirumah saya menanyai teman saya jika dia sudah meng upload videonya atau belum, saya tidak mendapat balasan darinya, jadi saya berpikir bahwa saya akan meng uploadnya sendiri, jadi saya membuka instagram saya dan meng upload videonya disitu dengan tag-tag yang lengkap, setelah itu saya hanya harus menunggu untuk mengumpulkan likes di ig saya, karena pada lomba ini animasi yang mendapatkan likes paling banyak akan memenangi sejumlah uang, setelah beberapa hari, hasilnya pun keluar dan kelompok saya tidak meraih juaranya, meskipun itu penglaman digital labs saya tahun ini sangat menyenangkan karena bisa bekerjasama bareng teman teman untuk membuat sebuah animasi yang nanti bisa saya lihat untuk melihat salah satu kenangan kelas 8 saya.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkuman Bab 9 Informatika

Algoritma dan Pemrograman